26 Jul 2010

Latar Belakang dan Sejarah Jaringan Komputer

Latar Belakang dan Sejarah Jaringan Komputer


Pada tahun 1940-an ilmuan Amerika sedang melakukan sebuah penilitian ingin memanfaatkan sebuah perangkat computer secara bersamaan. Di tahun 1950-an terciptanya super computer, karena mahalnya harga perangkat computer maka ada tuntutan sebuah computer harus melayani beberapa terminal. Dari sinilah muncul konsep distribusi proses berdasarkan waktu dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), bentuk pertama kali jaringan computer diaplikasikan.












Pada system TSS beberapa terminal terhubung secara seri kesebuah host computer. Konsep ini berkembang menjadi proses distribusi (Distributed Processing).















Dalam proses ini beberapa host computer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri.


Ketika harga computer kecil sudah mulai menurun, maka penggunaan computer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System). Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan local yang dikenal dengan LAN (Local Area Network). Dan ketika internet mulai dikenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan lebih besar yang disebut dengan istilah WAN (Word Area Network).

1 komentar:

T. Khairil Ahsyar mengatakan...

Okeh, tugasnya sudah saya periksa...!

Posting Komentar