6 Jun 2011

Konfigurasi Samba



1. Disini nama paket samba tetaplah samba. Cara menginstall paket sama seperti perintah-perintah yang digunakan sebelumnya, apt-get install samba.



2. Pada saat proses penginstallan paket samba sedang berlangsung, Workgroup/Domain Name: WORKGROUP. Disini diisi default saja, tidak diganti-ganti lagi



3. Dan disini langsung saja tekan enter untuk memilih YES pada pertanyaan Modify smb.conf to use WINS settings from DHCP?


4. Setelah selesai penginstallan pada paket samba, akan masuk kedalam directory samba yang berada didalam directory etc, menggunakan perintah /cd etc/samba.


5. Selanjutnya user pada security diganti dengan share dan # didepannya dihapus, sehingga security = share, dapat dilihat pada gambar yang tertera dibawah.


6. Disini akan ditambahkan

[share]
comment = sharing client
browseable = yes
path = /home/lisashare
writeable = yes
guest ok = yes
diletakkan diatas
[homes]
comment = Home Directories
browseable = no
Dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


7.Kemudian di home kita menambahkan user baru untuk kita sharing. Disini saya memberi nama usernya lisashare, sesuai dengan path yang saya isi didalam file smb.conf. Membuat user tersebut dengan perintah adduser lisashare.



8. Lalu didalm user lisashare tersebut saya menambahkan sebuah file share dengan cara mkdir share, dan didalamnya dibuat sebuah file dengan nama pc.txt, dengan perintah vim pc.txt. Dan isi didalam file tersebut terserah apa yang ingin kita buat saja.



9. Dan chmod 777 share dan chmod 777 pc.txt, agar apabila nanti dites diclient, dapat mencopy file dari client kedalam sharingan tersebut.



10. Dilanjutkan dengan merestart paketnya karena telah selesai mengkonfigurasi paket samba tsb.


0 komentar:

Posting Komentar