6 Jun 2011

Konfigurasi DNS Server


1. Pada saat ingin mengkonfigurasi DNS, harus menginstall peketnya terlebih dahulu. Nama paketnya dns tersebut adalah bind9. Menginstall paket tersebut dengan cara apt-get install bind9. Setelah paket tersebut di install maka kita akan masuk kedalam directory bind yang terletak pada directory etc. Tampilan awalnya seperti yang dilihat pada gambar disamping.




2. Selanjutnya copy file named.conf menjadi named.conf-bckp, file db.127 menjadi db.30, dan file db.local menjadi db.lisa. Mengcopy file-file tersebut dengan menggunakan perintah copy. Contoh : cp named.conf named.conf-bckp.



3. File pertama yang akan di edit adalah named.conf. Perintah mengedit file ini adalah vim named.conf. Isi dari file tersebut seperti yang tertera pada gambar diatas. Kita akan mengedit file ini dengan mengarahkan kedomain kita, maka ditambahkan
zone “lisa.com” {

type master;

file “/etc/bind/db.lisa”;

}; dibawah zone “localhost” {

type master;

file “/etc/bind/db.local”;

};
dan mengarahkan ke ip address yang kita miliki, dengan menambahkan

zone “30.in-addr.arpa” {

type master;

file “/etc/bind/db.30”;

}; diatas menambahkan zone “127.in-addr.arpa” {

type master;

file “/etc/bind/db.127”;


Setelah selesai mengedit selalulah menggunakan perintah esc dikeyboard dan dilanjutkan dengan :wq




4. File kedua yang diedit adalah db.lisa, dengan perintah vim db.lisa. Maka terlihat tampilan seperti gambar disamping ini. Dan kita mengeditnya seperti yang tertera pada gambar dibawah ini.



5. File selanjutnya yang akan diedit adalah file db.30. Perintah mengedit file sama dengan perintah-perintah sebelumnya yaitu vim db.30. Disini yang kita edit adalah localhost. root.localhost. ( dengan mengganti nama domain, lisa.com. root.lisa.com ( .Dan

@ IN NS localhost.
1.0.0 IN PTR localhost. diganti dengan
IN NS lisa.com.
1.50.40 IN PTR lisa.com.
Maksud dari 1.50.40 ini ialah diambil dari ip belakang secara terbalik. Contohnya : 30.40.50.1 yang diambil disini adalah 1.50.40.

6. Kemudian masuk kesebuah file di resolv.conf. Dengan perintah vim /etc/resolv.conf. Disini akan dimasukkan alamat ip address yang kita punya.


7. Setelah mengkonfigurasi kita harus merestart paket tersebut. Sekarang kita restart paket dns ini dengan cara /etc/init.d/bind9 restart. Apabila tidak mendapat kesalahan pada saat direstart , silahkan nslookup lisa.com, maka akan muncul:
Server: 30.40.50.1
Address: 30.40.50.1

Name: lisa.com
Address: 30.40.50.1

0 komentar:

Posting Komentar