6 Jun 2011

Konfigurasi DHCP


1. Paket dhcp yang akan diinstall. Nama paketnya dhcp3-server. Menginstallnya dengan menggunakan perintah apt-get install dhcp3-server. Pada saat proses penginstallan sedang berlangsung, akan terlihat seperti gambar diatas ini.

2. Setelah penginstallan paket ini selesai, kita akan mengcopy file dhcpd.conf menjadi dhcpd.conf-bckp. Perintahnya yaitu cp dhcpd.conf dhcpd.conf-bckp. Lalu menggunakan perintah vim dhcpd.conf untuk dapat mengedit isi file tersebut.

3. Inilah isi dari file dhcpd.conf tersebut. Disini yang akan diedit ialah
option domain-name “example.org”;
option domain-name-servers ns1.example.org. ns2.example.org;
menggantinya dengan nama domain kita, menjadi
option domain-name “lisa.com”;
option domain-name-servers ns1.lisa.com.
Dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


4.Yang tertera pada gambar diatas ini masih isi dari file dhcpd.conf. Disini kita akan mengganti subnet, netmask, range, dan option routersnya, seperti yang sudah kita atur sebeumnya. Subnet yang kita masukkan yaitu 30.40.50.0. Netmask 255.255.255.240, kita menggunakan 240 karena diawal penginstallan OS kita sudah mengatur prefix nya dengan /28, dimana /28 tersebut adalah 240. Range untuk /28 ini dimulai dari 1 sampai 14, tetapi saya membuatnya dimulai dari 3 sampai 6. Range ini dapat digunakan untuk alamat ip client. Option routers nya alamat ip kita,disini alamat ip saya 30.40.50.1. Dan isi file ini akan menjadi seperti gambar dibawah.


5. Masuk kedalam directory default yang ada didalam derectory etc, untuk mengedit file dhcp3-server, vim /etc/default/dhcp3-server. Perintahnya sama dengan perintah edit sebelumnya.



6. Setelah masuk kedalam file dhcp3-server tersebut, kita akan menambahkan “eth0” setelah INTERFACES=



7. Setelah semua konfigurasi pada dhcp ini lakukan restart paket. Dengan menggunakan perintah /etc/init.d/dhcp3-server restart. Apabila tidak ada error ataupun failed maka pengkonfigurasian yang dilakukan alhamdulillah tidak terdapat kesalahan.

0 komentar:

Posting Komentar