6 Jun 2011

Konfigurasi Proxy


1. Paket proxy bernama squid, dan kita akan menginstall paketnya. Perintah yang dapat kita gunakan apt-get install squid.


2. Masuk kedalam directory squid tersebut. cd /etc/squid. Lalu vim squid.conf untuk membuka file ini, karena kita akan mengeditnya.


3. Kemudian mencari kata http_port 3128 dengan mengetik saja /http_port 3128, dan menambahkan transparent di belakang http_port 3128 seperti gambar disamping.


4. Mencari kata cache_mem dengan mengetik /cache_mem, dan menghapus tanda pagar yang berada sebelum cache_mem 8MB.


5. /cache_mgr untuk mencari kata-kata apa saja yang menyangkut dengan cache_mgr. Lalu hapus # yang ada didepan cache_mgr webmaster, dan web master diganti menjadi admin@lisa.com , sehingga menjadi cache_mgr admin@lisa.com.


6. /INSERT YOUR OWN, setelah itu menambhkan
acl gakbisa url_regex –i “/etc/squid/bloklist.list”
acl lan src 30.40.50.0/28
http_access deny gakbisa lan
http_access allow lan
dibawah INSERT YOUR OWN tersebut


7. Mencari append_domain dengan cara /append_domain, selanjutnya menghapus # none dan diganti menjadi append_domain .lisa.com. Sehingga berubah menjadi
Default:
append_domain .lisa.com


8. Mencari dns_nameservers dengan /dns_nameservers. Kemudian hapus # none , diganti dengan dns_nameservers 30.40.50.1, disini dns_nameservers nya diisikan dengan alamat ip kita.


9. Menggunakan /visible_hostname agar dapat menemukan kata-kata yang mnyangkut visible_hostname, setelah itu # none dihapus dan diganti dengan visible_hostname proxy@lisa.com. Sehingga,
Default:
visible_hostname proxy@lisa.com


10. Disini kita membuat sebuah file bloklist.list, dengan perintah vim bloklist.list dan isi didalamnya dengan alamat yang akan kita proxy, dan disini saya memproxy facebook.com dan google.com.


11. Kita kembali ke directory bind, cd /etc/bind. Dan membuat sebuah file db.blok didalam directory bind ini. Dengan perintah vim db.blok. Didalam file db.blok ini, kita isi seperti gambar yang ada disamping ini.


12. Kemudian kita edit file db.named.conf dan menambahkan include “/etc/bind/db.blok”;
dibaris paling akhir dalam file ini.


13. Dan seperti biasa, setelah selesai konfigurasi paket squid tersebut, saatnya kita merestart paket, dengan perintah /etc/init.d/squid restart.

0 komentar:

Posting Komentar