6 Jun 2011

Konfigurasi Mail


1. Menginstall paket mail perintahnya sama dengan perintah menginstall sebelumnya, yaitu apt-get install postfix. Nama paket mail adalah postfix. Pada saat menginstall paket ini, kita pilih Yes pada saat pertanyaan Create directories for web-based administration?


2. Tekan enter atau ok. Seperti gambar diatas.


3. Disini saya memilih Internet Site pada General type of mail configuration.


4. Pada awalnya System mail name: lisa.lisa.com. Tetapi disini saya menghapus lisa yang ada didepan lisa.com, sehingga menjadi System mail name: lisa.com


5. Setelah selesai menginstall paket mail tersebut, masuk kedalam directory postfix yang berada didalam directory etc dengan menggunakan perintah cd /etc/postfix. Lalu mengedit file main.cf. Perintah yang digunakan ialah vim main.cf.



6. Setelah menggunakan perintah vim main.cf tadi, maka akan muncul seperti pada gambar disamping. Disini myhostname = lisa.lisa.com akan diganti menjadi myhostname = mail.lisa.com. Dibawah myhostname tersebut akan ditambahkan mydomain = lisa.com. Mynetwork = 127.0.0.0/0 tidak diganti, tetapi menambahkan network yang kita miliki didepan 127.0.0.0/0 sehingga menjadi mynetwork = 30.40.50.0/28. Didepan mailbox command, ditambahkan #, dan dibaris paling akhir ditambahkan home_mailbox = Maildir/. Setelah diedit, maka perubahan dapat dilihat .


8. Selanjutnya kita membuat user baru untuk mail dengan nama lisa2 dan ariska2. Perintah untuk membuat user baru yaitu adduser lisa2. Dilanjutkan dengan adduser ariska2. Setelah selesai membuat user, maka secara otomatis Maildir yang telah dibuat diskel yang berada di directory etc tadi akan ada didalam user yang telah selesai kita tambah.

9. ntuk dapat alamat mail diweb browser, disini kita akan mengatur dimana document root nya kita arahkan.
File yang akan diedit tersebut bernama apache.conf, terletak didirectory squirrelmail, directory squirrelmail tersebut berada di directory etc. Perintah yang digunakan vim /etc/squirrelmail/apache.conf. Setelah filenya terbuka, maka tambahkan # sebelum
Alias /squirrelmail /usr/share/squirrelmail yang ada dibaaris paling atas. Lalu tambahkan lagi Alias /mail /usr/share/squirrelmail dibaris kedua.



10. Dan kita kembali masuk kedalam directory apache2 untuk menambahkan mail, seperti gambar disamping¸agar mail juga dapat dibuka diweb browser seperti php dan lain sebagainya. Lalu document root kita isi seperti yang sudah kita atur di apache.conf yang terletak pada directory squirrelmail tadi.


11. Apabila sudah selesai mengkonfigurasi mail, maka seperti biasa, kita dapat merestart paketnya dengan cara /etc/init.d/postfix restart.


12. Dan apabila


ServerAdmin admin@lisa.com
ServerName mail.lisa.com
DocumentRoot /usr/share/squirrelmail

telah ditambahkan dengan benar, maka alamat mail tersebut dapat dibuka di web browser, dengan menggunakan perintah w3m mail.lisa.com. Maka akan muncul seperti gambar yang tertera diatas ini.


13. Setelah itu kita coba untuk mengirim mail antara user1 dan user2. Disini user yang kita gunakan adalah user yang didalamnya ada Maildir. User yang saya gunakan yaitu user lisa2 dan ariska2. Dan disini saya mengirim dari ariska2 kepada lisa2. Mengirim mail dengan menggunakan perintah telnet localhost 25, lalu ikuti langkah-langkahnya seperti gambar.

14. Setelah mail tersebut terkirim, kita dapat melihat dari user lisa2 apakah mail yang dikirim tadi sudah masuk atau belum diuser lisa2. Kita dapat menggunakan perintah telnet localhost 110. Selanjutnya bisa mengikuti tahap-tahapnya seperti gambar.

0 komentar:

Posting Komentar