6 Jun 2011

Konfigurasi WEB Server

1. Menggunakan perintah apt-get install apache2 mysql-server phpmyadmin php5 untuk dapat menginstall paket-paket tersebut.


2. Disini diminta agar memasukkan password root untuk paket MySQL.


3. Sedangkan disini diminta untuk mengulangi password yang diisi sebelumnya.


4. Dan disini kita hanya memberikan * di apache2 saja, dengan menekan space, lalu tekan tab dan OK.


5. Kemudian masuk kedalam directory apache2, menggunakan perintah cd /etc/apache2, dan mengedit file http.conf dengan cara vim http.conf. Pada saat membuka file tersebut, isinya kosong, nanti akan kita tambah beberapa isi didalamnya, setelah beberapa file yang akan dibuat dan diedit pada pengkonfigurasian apache2 ini.

6. WEB HTML
Lalu masukkan syntak standar html file index.html didirectory www yang ada pada directory var, dengan menggunakan perintah vim /var/www/index.html.

7. WEB PHP

Didirectory etc kita membuat sebuah directory public_html untuk file php. Perintah yang digunakan yaitu mkdir public_html.

Kemudian buat sebuah file php dengan nama index.php, dan menggunakan perintah vim index.php didalam directory public_html yang berada pada directory etc tersebut. Dan diisi syntak php didalam file index.php tersebut.


8. Kemudian buat sebuah file php dengan nama index.php, dan menggunakan perintah vim index.php didalam directory public_html yang berada pada directory etc tersebut. Dan diisi syntak php didalam file index.php tersebut.

9.
WEB PHPMYADMIN

Selanjutnya edit file apache.conf yang berada pada directory phpmyadmin, dan phpmyadmin berada didalam directory etc, kita mengedit file apache.cinf tersebut dengann menggunakan perintah vim /etc/phpmyadmin/apache.conf.
Setelah dibuka file tersebut, ditambahkan # didepan Alias /phpmyadmin /usr/share/phpmyadmin, dan dibawah alias tersebut ditambahkan Alias /db /usr/share/phpmyadmin, seperti gambar dibawah ini.

10.
WEB untuk USER

Pada awalnya didalam home hanya ada 1 user yang bernama lisaariska, dan kita akan menambahkan 2 user untuk file html.

11.
Sebelum kita menembah 2 user di home, kita terlebih dahulu harus menambahkan directory public_html di cd /etc/skel

12.

Setelah itu membuat 2 user baru yaitu, user liisa dan user ariskaa dengan perintah adduser liisa dan adduser ariskaa. Maka secara otomatis directory public_html akan ada didalam kedua user tersebut.


13. Kemudian membuat file index.html didalam public_html yang ada didalam user liisa dan ariskaa tersebut, perintah yang dapat digunakan ialah vim index.html dan didalam file itu isi dengan syntak sederhana html tetaoi dengan isi yang berbeda agar dapat membedakan antara file yang ada didalam public_html diuser liisa dan ariskaa.

14.
Setelah selesai semua, maka buka kembali file http.conf di apache. vim /etc/apache2/http.conf. Dan didalamnya dapat diisi seperti yang dapat dilihat pada gambra disamping.


15. Sesudah selesai konfigurasi pada web server, maka merestart paket web tersebut dengan perintah /etc/init.d/apache2 restart. Lalu akan dicoba diweb browser, apakah konfigurasi yang telah dilakukan dapat berjalan atau tidak. Web browser di linux ini bernama w3m.


16. W3m www.lisa.com

17. W3m php.lisa.com

18. W3m db.lisa.com

19. W3m liisa.lisa.com

20. W3m ariskaa.lisa.com

0 komentar:

Posting Komentar